• 0289-432032
  • perpustakaan@peradaban.ac.id

Cara Mengakses Jurnal Internasional

Cara Mengakses Jurnal Internasional

Sebagai salah satu syarat penulisan tugas akhir skripsi atau tesis biasanya harus memiliki rujukan jurnal asing atau jurnal berstandar internasional yang disertakan di daftar pustaka. Bahkan beberapa universitas menyaratkan 5 % – 10 % daftar pustaka yang digunakan adalah literature asing, baik buku-buku asing yang berbahasa Inggris maupun berwujud artikel ilmiah dan penelitian yang sudah dikemas dalam bentuk jurnal asing.

Sering kita mendengar pertanyaan dari mahasiswa tantang bagaimana mendapatkan atau mengakses jurnal asing atau jurnal berstandar internasional yang sebagain besar memang jurnal yang berbayar. Sebenarnya ada cara untuk mengkses jurnal internasional dengan gratis, salah satunya melalui perpustakaan nasional, tepatnya e-resources perpusnas yang beralamat di http://e-resources.perpusnas.go.id.

Ya benar, dengan mendaftar di perpusnas kita akan mendapatkan akses jurnal berbayar yang gratis baik nasional maupun internasional, cukup banyak jurnal yang tersedia antara lain dari mulai Proquest, Ebsco, SAGE, Cengage dan masih banyak lainnya.

Bagaimana cara mendaftarnya, berikut saya uraikan tutorial cara mendaftar keanggotaan di perpusnas secara online,

  1. Pertama kali kita daftar sebagai keanggotaan online melalui alamat berikut ini
    http://keanggotaan.pnri.go.id/,
  2. Klik pada bagian daftar, kemudia lanjutkan pendaftaran, Isi pada form pendaftaran secara lengkap, jangan lupa siapkan KTP/SIM atau kartu identitas lainnya untuk pendaftaran, kemudian klik tombol daftar
  3. Jika berhasil akan mucul ucapan selamat, dan catat nomor keanggotaan, dan jangan lupa password yang telah dimasukkan sebelumnya juga diingat.
  4. Kemudian coba login ke http://e-resources.perpusnas.go.id/, dengan nomor anggota dan password yang telah anda punya.
  5. Jika anda berhasil login, anda seharusnya akan menjumpai tampilan seperti gambar dibawah, selamat, sekarang anda bisa mencari dan browse jurnal-jurnal online baik nasional maupun internasional yang disediakan dan dilanggan oleh Perpusnas.

Untuk petunjuk / panduan penggunaan e-resources Perpusnas, anda bisa menuju link berikut http://e-resources.perpusnas.go.id/index2.php

 

admin

Leave your message