• 0289-432032
  • perpustakaan@peradaban.ac.id

Sejarah

Keberadaan perpustakaan Universitas Peradaban tidak lepas dari perjalanan lembaga yang menaunginya. Perpustakaan Universitas Peradaban yang kini menempati ruangan baru dulu merupakan perpustakaan STKIP dan STIE Islam Bumiayu. Saat itu, pada tahun 2009, seiring dengan berdirinya STKIP Islam, perpustakaan menempati ruangan kecil milik yayasan perguruan Ta’allumul Huda. Satu tahun berikutnya setelah STIE Islam mendapatkan ijin dari pemerintah, perpustakaan bergeser menempati ruangan yang lebih besar di gedung SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.

 

Pada tahun 2012 kampus STKIP Islam yang memiliki 3 prodi dan STIE Islam yang memiliki 2 prodi pindah ke gedung baru yang berada di Jalan  Raya Pagojengan Km. 3 Bumiayu Kabupaten Brebes. Perpustakaan yang berada di gedung SMP Islam Ta’alumul Huda juga pindah ke gedung baru menempati ruangan yang lebih besar berukuran 14 m2.

 

Pada tahun 2015 perpustakaan STKIP Islam Bumiayu dan STIE Islam Bumiayu berubah nama menjadi perpustakaan Universitas Peradaban, seiring dengan penggabungan STKIP dan STIE Islam. Saat ini perpustakaan Universitas Peradaban melayani 4 fakultas yaitu FKIP, FEB, FISIP dan Fakultas Sain dan Teknologi.

 

Saat ini perpustakaan Universitas Peradaban baru memiliki koleksi 4345 judul buku 10359 eksemplar.