Akreditasi Prodi Sistem Informasi dan Prodi Farmasi

Akreditasi merupakan ruh bagi perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta. Dengan Akreditasi, masyarakat bisa mengetahui kinerja sebuah perguruan tinggi. Selain itu juga masyarakat akan mengetahui standar mutu sebuah perguruan tinggi atau program studi yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi baik dari BAN-PT maupun LAM-PTKes.

Sebagai salah satu bentuk kesungguhan dan tanggung jawab kepada masyarakat, Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Farmasi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Peradaban telah mengajukan diri untuk di akreditasi atau dievaluasi.  Dan pada tanggal 22 s.d 24 Agustus Prodi Sistem Informasi telah divisitas, diasesmen lapangan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor Universitas Peradaban, Prof. Dr. Yahya A Muhaimin berkesempatan menyambut tim asesor dari BAN-PT, Dr. Nur Rokhman, S.Si., M.Kom. dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Dr. Prihandoko, S.Kom., MIT. dari Universitas Gunadarma.

Selesai prodi Sistem Informasi di visitasi, giliran Progam Studi Farmasi di visitasi. Berbeda dengan prodi sebelumnya, prodi farmasi di visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Lembaga ini merupakan lembaga akreditasi mandiri yang bukan milik pemerintah. LAM-PTKes merupakan gabungan dari Organisasi Profesi dan Asosiasi Instritusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan, yaitu antara lain Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Gizi.

Pelaksanaan asesmen lapangan untuk prodi farmasi pada tanggal 26 dan 27 agustus 2019. Pada kesempatan ini tim asesor dari LAM-PTKes yang hadir adalah Prof. Dr. Berna Elya, M.Si., Apt. dari Universitas Indonesia dan Dr. Dian Ratih Laksmitawati, M.Biomed., Apt dari Universitas Pancasila. Pembantu Rektor I dan Dekan beserta jajarannya turut menyambut kedatangan sekaligus membuka proses akreditasi yang dilaksanakan selama dua hari.

Dengan adanya akreditasi ini, diharapkan mampu memacu dan mendorong sebuah lembaga pendidikan dalam hal ini Universitas Peradaban, khususnya program studi sistem informasi dan program studi farmasi untuk terus menerus meningkatkan kinerjanya sesuai dengan standar yang sudah menjadi acuan nasional. Dengan demikian lulusan dari dari universitas peradaban juga mampu bersaing dan berkiprah dalam persaingan global.

Posted on: 29/08/2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *