Sering Kehabisan Ide untuk Menulis? Coba Lakukan 7 Langkah in

Menulis merupakan kegiatan yang saat ini selain bisa mengasah pikiran dan imajinasi, juga bisa menghasilkan uang. Bisa dibilang, kemampuan menulis adalah bakat yang diasah dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Pun demikian, bukan berarti bagi mereka yang tak punya bakat itu tidak bisa menulis. Bagi yang tak memiliki bakat dalam hal tulis menulis, biasanya butuh upaya keras dalam berlatih untuk menghasilkan suatu tulisan.

Terus berlatih menulis adalah salah satu cara mengembangkan bakat yang sudah ada. Termasuk dalam mendapatkan ide-ide untuk menulis. Akan tetapi kendala yang dihadapi kebanyakan orang adalah sulitnya mencari ide untuk tulisannya.

Meski sudah profesional nyatanya masih saja ada yang kesulitan untuk mendapatkan ide menulis yang terbaik. Agar Anda bisa terus mendapatkan ide dalam menulis, coba lakukan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (9/12).

1. Rajin Membaca adalah Kunci

Membaca referensi semisal novel lain atau buku yang berhubungan dengan ide bisa menjadi cara ampuh mendapatkan ide baru. Membaca referensi bisa membuka mata dan pikiran kita tentang ide baru yang akan dituliskan.

Bisa dibilang tulis dan baca adalah sesuatu yang selalu terkait satu sama lain. Bila Anda ingin mendapatkan ide, harus wajib membaca referensi dari mana saja. Semua penulis profesional dan hebat tentu memiliki kebiasan membaca yang sering dilakukan.

Melalui membaca referensi Anda juga dapat melihat bagaimana gaya penulisannya serta ide yang kreatifitas di dalamnya. Jadi dengan membaca secara langsung menjadikan Anda orang penuh ide baru baik yang hampir sama dengan referensi itu atau berbeda.

2. Mencoba Menuliskan Apa yang Dirasakan

Menulis tidak melulu soal apa yang ada di pikiran Anda, namun bisa juga dari apa yang dirasakan selama ini dalam hati. Biasanya keresahan yang dialami soal kejadian di sekitar bisa dijadikan ide dalam menulis.

Menulis dari hal ini mungkin bisa memunculkan ide baru yang tidak biasa. Dengan menuliskan tulisan dari keresahan yang ada, dijamin kata yang dihasilkan tidak monoton dan enak dibaca.

Selain itu Anda juga bisa menuliskan curhatan di dalam tulisannya. Contohnya Anda bisa menulis bahasan soal bagaimana bisa move on dari mantan dengan pengalaman dari diri sendiri yang sudah dirasakan, tentu ini akan menarik bukan

3. Lakukan Diskusi Tentang Hal Apapun dengan Orang Lain

Menjadi penulis tidak harus merasa semua idenya berasal dari diri sendiri, mencoba diskusi kepada orang lain pun tidak masalah. Orang lain di sekitar kadang bisa memberikan ide yang lebih baik dari yang ada selama ini.

Selain itu orang lain juga bisa berbagi kisahnya atau inspirasi yang bisa membangkitkan ide Anda untuk menulis. Jika Anda merasa buntu dalam mendapatkan ide baru atau ingin memiliki ide menulis yang lebih baik.

Anda bisa menghubungi teman, kolega, atau orang lain melalui sosial media atau bertemu langsung. Cobalah untuk diskusi dan sharing sehingga ide Anda akan selalu ada dan baru dan bisa saja banyak diterima para pembaca.

4. Latihlah Diri untuk Kreatif

Cara terakhir yang paling penting adalah membiasakan diri menjadi orang yang selalu kreatif dan memiliki ide baru dalam tulisannya. Bisa juga melakukan berbagai aktivitas yang membuat kepala Anda penuh dengan ide brilian di tulisan Anda.

Dalam hal ini kebiasaan adalah penting untuk dilakukan. Jika Anda sudah biasa melakukan hal ini tentu akan mudah mendapatkan ide menulis setiap harinya, sehingga tak perlu pusing dan bingung lagi karena kehabisan ide soal menulis.

5. Jangan Malas Melakukan Hal-Hal Baru

Ide adalah sesuatu yang sifatnya dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Jadi Anda yang ingin mendapatkan ide harus mencoba hal baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ide hari ini dengan besok bisa saja berbeda satu sama lain.

Penulis yang handal memang dituntut untuk menulis sesuatu yang selalu baru sehingga tidak akan ketinggalan zaman, mulai dari gaya penulisan hingga ide yang ditampilkan. Tentu pembaca akan senang jika info dan tulisan yang dibaca menarik dan selalu up to date. Jadi tulisan Anda akan bermanfaat dan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

 

Sumber: Jawa pos

Posted on: 27/01/2021, by :