Bimbingan Teknis Perpustakaan Perguruan Tinggi

Pada 1 -3 Agustus 2023 lalu, Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis perpustakaan perguruan tinggi di provinsi Jawa Tengah.

Bertempat di hotel Nindya Horizon Semarang, kegiatan ini diikuti oleh 100 perwakilan perpustakaan perguruan tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah, termasuk perpustakaan Universitas Peradaban yang diwakili oleh kepala perpustakaan.

Drs. Deni Kurniadi, M. Hum., Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI dalam sambutannya sekaligus sebagai pembuka acara bimtek menyampaikan bahwa perpustakaan harus dikelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan, apalagi perpustakaan perguruan tinggi yang merupakan jantungnya perguruan tinggi. Untuk jumlah perpustakaan perguruan tinggi di Provinsi Jawa Tengah berdasar hasil data PDDikti Per Januari 2023 adalah 363 perguruan tinggi, dengan jumlah perpustakaan perguruan tinggi yang terakreditasi sebanyak 54 perpustakaan atau sebanyak 14% hingga Mei 2023, ungkapnya. Dengan kegiatan bimtek ini diharapkan semakin banyak perpustakaan khususnya perpustakaan perguruan tinggi yang terakreditasi.

Dalam kegiatan bimtek ini diawali dengan diskusi panel dari 3 narasumber. Narasumber pertama Drs. Deni Kurniadi, M. Hum., Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI yang menyampaikan materi Strategi Pembinaan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Materi kedua tentang “Kebijakan Daerah dalam Pembinaan Perpustakaan Perguruan Tinggi” disampaikan Sapta Hermawati, SH, M.M., Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber kedua.

Perwakilan dari LLDIKTI wilayah VI yang diwakili Aditya Tegar Satria, M.Kom., Analis Prasarana Pendidikan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah  menyampaikan materi tentang Dukungan Kebijakan Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi melalui Pengembangan Perpustakaan sesuai Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Sosialisasi Instrumen Standar Nasional Perpustakaan dan aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah juga disampaikan oleh perwakilan P3SMPT.

Pada hari kedua dengan narasumer bapak Andriyanto, S.Sos.,M.I.Kom., menyampaikan materi “Kemas Ulang Informasi” yang meliputi manajemen perpustakaan perguruan tinggi, pengembangan ekosistem digital di perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan digital alih media serta pengetahuan tentang infografis. Narasumber yang juga berprofesi sebagai dosen UNPAD  mengajak para peserta untuk langsung praktek menerapkan teori kemas ulang informasi dan diharapkan pengetahuan ini akan menjadi bekal bagi peserta untuk meningkatkan standar perpustakaannya dan bermanfaat untuk sivitas akademika dan masyarakat.

Posted on: 06/08/2023, by :